Doaku Cuma Satu

Jadi gini, beberapa hari yang lalu tepatnya hari Sabtu dan Minggu, sekolah gue mengadakan suatu acara di Buperta, Cibubur atau Jambore. Acaranya adalah PERSAMI. Karena ini adalah acara dari ekskul pramuka dan ekskul pramuka itu menentukan naik atau tidak naik kelas, makanya seluruh siswa wajib mengikutinya.
 
Kalo ditanya mau gak ikut acara ini, gue pasti jawab enggak. Karena wajib aja jadinya gue ngikut.

Sebelum hari Sabtu dan Minggu, beberapa hari sebelumnya gue mengalami hal sial. Handphone gue disita sama guru gue. Sebelum disitanya hp gue itu, aslinya gue lagi ada masalah yang gak mau gue ceritain. Makanya gue udah gak mood buat ngapa-ngapain termasuk belajar. Nah, ketika belajar ada guru gue yang ngeliat kalo gue main hp, akhirnya hp gue pun disita. Temen-temen gue yang ngeliat, pada ngira mood gue jadi down karena hp disita. Padahal mah enggak. Emang lagi badmood.

Tepat di hari hp gue disita, sepulang sekolah seluruh anak kelas 10 dikumpulkan di lapangan untuk diberitahukan tentang acara PERSAMI. Ketika sedang mencatat apa aja yang mau dibawa, tiba-tiba terdengar suara dari mic, "Yang namanya Ilham Kusumaning dipanggil Bu (Wali kelas gue yang namanya gak mau gue sebut) di ruang guru. Sekarang!" Mendengar hal itu, gue yakin pasti hp gue mau dibalikkin karena kebetulan guru yang nyita hp gue itu juga baik dan udah kenal sama gue. Anehnya, kenapa balikinnya harus lewat wali kelas (?)

Ketika sesampainya di ruang guru, gue langsung ketemu wali kelas dan disuruh untuk meminta maaf kepada guru yang menyita hp gue. Untungnya gue udah kenal sama gurunya, jadi gak ribet-ribet amat. Setelah meminta maaf, gue pun diceramahin sama wali kelas tentang ini itu. Mau tau apa yang diceramahin? Makanya hp lu kesita dulu biar tau apa yang diceramahin sama wali kelas setelah hp disita. :)

Setelah hp diambil, gue balik ke lapangan lagi dan nama gue dipanggil lagi. Ternyata, panggilan kedua ini, gue disuruh buat jadi yang nyalain api unggu di acara PERSAMI. Jadi, nyalainnya itu gak langsung nyala. Tapi, ada sepuluh orang yang bawa lilin, terus baca Dasa Darma Pramuka, terus nyalain deh. Gitu. Dan gue mendapat bagian baca Dasa Darma kesembilan. Yang paling pendek.

***

Sabtu pagi, bangun tidur gue langsung nyalain komputer terus upload video baru gue di Youtube. Ya, kebetulan beberapa hari sebelumnya udah gue edit, jadinya hari Sabtu pagi itu gue bisa upload. Kalo mau nonton vidoenya, bisa langsung aja cari di Youtube: Aceng Story. Sembari menunggu upload, gue cek-cek barang yang dibawa apakah udah lengkap atau belum.

Setelah perlengkapan siap, gue pun langsung berangkat naik motor yang katanya kalo motor lagi jalan, bannya berputar. Gue juga gak bawa hp karena emang disarankan gak bawa hp. Oh iya, gue berangkatnya diantar Bokap karena gak boleh bawa kendaraan siswa-siswanya. Lagian juga gue males kalo bawa motor pagi-pagi, ngantuk. Makanya gue ketika sekolah males banget kalo disuruh bawa motor, berat. :D

Sesampainya di Jambore, gue langsung kumpul sama tim gue. Ya, PERSAMI ini ada tim yang isinya maksimal 8 orang yang disebut sangga. Gue dapet kebagian di Sangga 5 Putra. Isinya mayoritas temen sekelas gue sama ada dua orang dari kelas lain.

Acara pun dimulai sekitar pukul 8, dimulai dengan upacara. Karena pukul 8 udah lumayan panas, gue liat-liat banyak anak cewek yang pada pusing atau mau pingsan. Gue yakin, mereka semua pada gak sarapan atau emang karena fisik cewek itu lemah. Makanya, jadi cowok harus siap melindungi cewek! :)

Ketika makan siang, ternyata kita disuruh masak sendiri. Kebetulan di setiap Sangga itu disuruh membawa alat dan bahan untuk membuat nasi goreng. Dan nanti, nasi goreng yang udah jadi ada yang untuk dilombakan dan ada yang untuk dimakan sendiri.

Setelah acara masak memasak nasi goreng, ada materi yang diberikan oleh moderator. Kemudian, ada game yang diberikan dan game-nya ini dilakukan oleh setiap sangga. Entah karena beruntung atau apa, di game kali ini sangga gue menang. Jadi, game-nya itu disuruh membuat suatu pulau di Indonesia, lalu kita menyanyikan lagu daerah dari pulau tersebut.
 
Intinya dari game itu, gue menang. Padahal juara 2 dan juara 3 itu anak cewek. Gue sempat pesimis pasti gak menang, eh ternyata menang. Yaa begitulah hidup, cowok harus selalu berada di atas cewek. :)

Ketika mau Maghrib, ada materi lagi. Materinya tentang Saka yang ada di pramuka. Ada Saka Bhayangkara dan yang lainnya. Gue ingetnya cuma satu hehe. :D

Sehabis materi tentang itu, makan malam pun dibagikan. Ya, gue makan malam sebelum Maghrib. Seharusnya namanya bukan makan malam tetapi makan Maghrib. Ternyata eh ternyata, temen-temen gue makannya pada gak habis. Apalagi, ketika makan malam itu semua anak dikumpulan di pendopo atau aula, nah gue sebelahan sama anak cewek kelas gue. Maklum lah cewek, sok-sokan diet, eh malah dikasih ke gue. Karena rezeki gak boleh ditolak, gue terima apa yang mereka berikan. Jadinya kalo diitung-itung, gue makan dua porsi.

Kemarin Sabtu kebetulan malam Nisfu Sya'ban, jadinya sehabis makan kemudian sholat Maghrib dan baca Surat Yasin tiga kali. Setelah itu, ada materi lagi. Materi terakhir di acara pramuka. Tapi, baru setengah materi gue disuruh ke lapangan sama panitia PERSAMI. Gue latihan untuk menyalakan api unggun.

Hal yang tak terduga pun datang. Gue kebelet eek. Jujur, doa gue setiap nginep di suatu tempat atau lagi pergi kemana gitu adalah tidak kebelet boker. Tapi, apa boleh buat? Akhirnya keinginan itu gue tahan. Lagian juga di Jambore menurut gue toiletnya itu sangat kurang bersih dan bagus. Kalo dibuat eek, gue yakin mending ditahan aja.

Setelah ditahan-tahan, akhirnya udah gak kerasa lagi. Acara menyalakan api unggun pun dimulai. Alhamdulillah, api unggun nyala. Di acara api unggun, setiap kelas menampilkan sesuatu. Mayoritas pada nampilin musik. Tapi, kelas gue beda. Selain musik, ada yang nyembur api dan ada yang roll depan. Ketika penampilan, gue gak ngapa-ngapain karena hal yang tak ingin terjadi, terjadi lagi. Ya, kebelet eek lagi.

Sampai acara selesai, akhirnya dapat gue tahan. Sebelum tidur aslinya gue juga ngerasain mau eek, tapi gue tahan dengan cara tidur aja.

Keesokan harinya, hari Minggu, bangun-bangun gue langsung ke Masjid untuk sholat dan siap-siap ganti baju buat senam pagi. Gue baru inget kalo deket sama Masjid. Seharusnya dari semalem gak gue tahan. Tapi, jalan menuju Masjid lumayan gelap kalo malem, menghindari hal yang tidak diinginkan, mending gak usah eek malem-malem.

Sehabis senam tau kan gue kenapa? Ya, kali ini udah gak bisa ditahan lagi. Ajimumpung, lagi waktu kosong dan masih pagi, gue langsung bilang ke temen gue, "Eh, ikut gue yok!"

"Kemana?" tanya temen gue.

"Udah ikut aja. Gak rugi deh lo."

Akhirnya temen gue mau ikut. Di perjalanan gue baru kasih tau kalo dia gue ajak untuk anterin gue eek di Masjid. Bukan di Masjidnya sih, tapi di toiletnya. Dia pun langsung bilang, "Iya, Am. Gak rugi. Gue juga mau eek."

Sesampainya di Masjid, gue langsung masuk ke kamar mandinya. Sialnya, di kamar mandi gak ada ember. Adanya bak. Sialnya lagi, airnya waktu itu udah mau abis. Jadi, kalo gue mau siram eek yang udah ada di kloset, gue harus ambil airnya dulu dengan cara berdiri.

Ketika sudah selesai, gue keluar toilet. Gue liat temen gue, dia malah gak eek tapi malah mainan kucing di depan masjid.
 
"Lo gak jadi eek?" tanya gue heran.
 
"Enggak jadi. Udah gak kebelet. Udah ayo cepetan, udah mau kumpul," jawab temen gue sambil ngelus-ngelus kucing.
 
Ya, gue gak tau apa motivasi dia mainan kucing itu. Untungnya ada kucing. Kalo gak ada, mungkin temen gue itu nungguin gue yang lagi eek pasti gabut banget. Makasih, Eko, udah nemenin gue eek. :)

Setelah itu, sarapan pagi yang dikasih waktu makannya cuma 5 menit. Padahal kalo telat dari 5 menit gak dihukum. Jadi, percuma makan buru-buru kayak gue. Mungkin kalo gue belum eek, gue bisa langsung kebelet.
 
Makan selesai, langsung acara outbound atau ngotor-ngotorin baju olahraga. Jujur aja gue kurang tertarik sama ini karena kurang seru. Acara PERSAMI pun ditutup dengan upacara penutupan. Untuk acara penutupan, yang pingsan gak banyak kayak pas pembukaan.

Di akhir acara penutupan, diumumkan pemenang-pemenang lomba di acara ini dan sangga terbaik. Gak gue duga lagi, sangga gue jadi sangga putra terbaik. Keren gak tuh? Apa? Enggak? Kayaknya sih emang enggak sih, soalnya hadiahnya ujung-ujungnya cuma bisa jadi eek doang.

Begitulah kegiatan PERSAMI gue dan karena itu lah gue jadi gak bisa nulis blog kemarin Sabtu. Doa gue sih cuma satu, semoga gak kebelet eek lagi kalo lagi pergi jauh dari rumah kecuali kalo ada toilet yang nyaman dan semoga kamu yang lagi baca ini bahagia. Iya, bahagia. Bukan kamu, tapi kamu! Iyaa kamu! :D
 
Jangan lupa tonton semua video gue di Youtube. Search aja: Aceng Story. Oh iya, besok kalo gak ada halangan akan gue post ACENG FUNTERVIEW with Ficocacola. :)
 
Sekian dan makasih. SALAM ACENGERS!!! :)

4 comments: