Cari Uang Itu Silit

INFO SEDIKIT, SEBELUM BACA LEBIH LANJUT, SORRY, JUDULNYA TYPO. HARUSNYA JUDULNYA ITU ADALAH "CARI UANG ITU SULIT" EH TYPO SULITNYA MALAH JADI SILIT SOALNYA HURUF U SAMA I DEKETAN. COBA AJA LIAT.


Jam dinding gue lihat sudah menunjukkan pukul setengah 5 pagi. Kali ini gue bangun pagi di hari Minggu karena udah ada janjian sama temen-temen sekolah gue untuk CFD. Gue sama temen-temen gue ikut CFD bukan mau olahraga sih tapi mau jualan. Sebelumnya kalian tau kan CFD itu apa? Itu loh, car free day. Gak ada kendaraan bermotor yang lewat di jalan protokol.

Jadi gini, sekolah gue tepatnya angkatan gue mau mengadakan acara MAKRAB alias Malam Akrab. Di acara itu tujuannya adalah untuk mengakrabkan satu angkatan supaya tidak terjadi pecah belah satu angkatan. Acara ini dibuat dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. Gue adalah salah satu panitia dari acara itu dan dari kelas gue, cuma gue doang yang jadi panitia. Seharusnya ada, tapi karena mungkin gak kuat atau apa, dia keluar.

Nah, lo pasti tahu kan kalo setiap ada acara, pasti butuh dana. Dari acara kecil sampai besar, pasti butuh dana. Acara kecil itu misalkan lo traktir temen-temen lo pas lo ulang tahun, pasti butuh dana kan? Acara MAKRAB ini juga butuh dana. Gue baca di grup panitia MAKRAB ini, katanya hari Sabtu kemarin pada ngamen. Nah, karena katanya masih kurang, CFD pun dijadikan salah satu jawaban untuk mencari dana.

Malamnya, ketua panitia bingung ingin menjual apa. Ketika dia nanya di grup, Cuma beberapa orang aja yang respon. Sisanya, cuma jadi sider, kayak gue.

Gue pun berangkat dari rumah sekitar pukul setengah 6 menuju ke tempat kumpul yaitu di Terminal Kampung Rambutan. Sesampainya di terminal, gue langsung bilang ke grup bahwa gue udah sampe di terminal.

Setelah menunggu kurang lebih sejam, akhirnya temen-temen gue yang lain pada sampai. Aslinya gue sudah ada niatan untuk pulang lagi karena gak ada gunanya menunggu di terminal sendirian. Tapi, mereka semua ternyata datang juga. Gue pun melihat sang ketua membawa kardus aqua. Itu tandanya berarti nanti kita akan jual aqua disana.

Gue sama temen-temen gue CFD-nya sangat lah telat. Gue baru sampai sana sekitar pukul 9 kurang. Apalagi kita mau jualan, sudah pasti sangat telat. Gue lihat sekitar, ternyata sudah banyak orang yang membawa aqua botol. Niat untuk berjualan pun menciut. Tapi, yang namanya ILHAM KAPE gak akan menyerah. Dari halte TJ gue udah teriak-teriak, “Aqua aqua aqua.” Mungkin kalo ketahuan sama petugas halte TJ, gue langsung disuruh keluar dari halte. Untungnya enggak.

Kita pun membuka stand kecil. Ada beberapa orang yang berdiam diri menjaga stand dan ada yang jualan keliling. Gue pun berjualan keliling. Sekalian juga cuci mata. Btw, gue kasih tahu aja kalo di CFD ceweknya cakep-cakep. Sayangnya, tetep banyak cabe-cabean.

Kemarin gue jualan bareng Kibay. Gue gak tau kenapa namanya Kibay. Padahal nama aslinya Satria. Bingung kan? Gak usah dibingungin. Abaikan aja.

Ketika sudah berjalan lumayan jauh, Kibay pun mengajak gue untuk istirahat. Gue pun mengiyakan aja karena gue juga sama capek. Info sedikit, gue dari pagi pas baru sampe udah kebelet mau kencing. Tapi, sampai berjualan aqua dan jalan lumayan jauh belum gue keluarin karena gue belum nemu toilet.

Sembari istirahat, gue melihat ada bocah-bocah main skateboard. Tiba-tiba ada dua orang cewek yang mau mencoba main itu. Dan ceweknya lumayan bagus. Yaa namanya juga jomblo, bebas mau ngapain aja. Mau liat cewek sana-sini boleh. Tinggal ngitung dosa aja. :D

Gue liat pas pertama kali nyoba, cewek itu belum bisa dan bocah yang punya skateboard itu pun sok-sokan membantunya. Padahal mah gue tau pasti emang mau modus aja. Tau gitu gue bawa skate kesana.

Gue sama Kibay pun hanya ngobrol-ngobrol tentang jualan yang gak laku dan tentang cewek-cewek disini. Gue simpulkan bahwa kayaknya kenalan sama cewek disini lebih mudah daripada jualan aqua. Kibay pun juga menyimpulkan seperti itu.

Kita memutuskan untuk kembali ke stand kecil. Sebenernya sih bukan stand soalnya cuma kardus yang isinya aqua ditaruh dipinggir jalan dan ada beberapa orang yang jagain. Tapi kita menyebutnya ini stand.

Ketika sedang duduk kembali di stand, tiba-tiba ada dua orang yang ngeliatin kita semua, Kibay bilang bahwa itu adalah preman. Gue agak-agak kurang percaya tapi bisa juga bener itu adalah preman karena hari sudah mulai siang. Kita harus pindah untuk cari aman. Kalo gak pindah yaa bisa-bisa dipalakin atau gak digebukin bila gak ngasih.

Kebetulan stand kecil kita deket sama halte TJ. Jadinya semua aqua yang dijual dipindahkan ke halte TJ. Stand ditutup. Kardus dibawa ke depan loket TJ. Agar aman dan tetep jualan, kita jualan di sekitaran halte TJ dengan beberapa orang yang membawa aqua. Sisanya menjaga kardus di depan loket.

Baru sekitar 15 menit keliling, kita memutuskan untuk ke halte lagi karena hari sudah siang. Di halte, temen gue yang jagain bilang bahwa katanya preman tadi kayak mencari-cari kita. Sang ketua pun memutuskan untuk pulang agar aman dan udah pasti susah mencari pembeli lagi karena hari sudah siang. Sudah pada pulang dari CFD.

Yaa seperti itu lah kegiatan gue di hari Minggu kemarin. CFD bukannya olahraga tapi malah jualan. Tapi, dari situ gue jadi tahu bahwa cari duit itu gak segampang membalikkan telapak tangan. Butuh kerja keras yang sangat tinggi untuk mendapatkan uang.

Nah, buat lo yang baca ini, jangan pernah menyerah atau putus asa, karena Tuhan tidak suka dengan orang-orang yang seperti itu. Berusahalah semaksimal mungkin karena jawaban dari usaha kalian itu tidak pernah dijawab dengan kata “Tidak”.

Jawaban dari usaha kalian itu ada tiga: “Ya”, “Ya, belum saatnya” dan “Ada yang lebih baik dari itu”.

Gue dapet kalimat-kalimat itu dari bukunya Benakribo, hehe. :D

Ketika pulang, ada kejadian lucu di TJ. Gue pulang lewat Harmoni, sengaja biar lebih jauhan dikit, biar bisa liat Monas dan HI dan biar gak jalan kaki jauh di halte kayak di halte Semanggi. Dan ternyata TJ-nya juga sepi. Lumayan buat ngadem. Nah, dari halte di deket HI kalo gak salah ada orang Cina yang naik. Dia sambil membawa buku terjemahan. Udah pasti dia itu mau ke suatu tempat.

Orang Cina itu nunjukin mau kemana ke temen gue yang juga berdiri. Temen gue lihat ke buku terjemahannya, dia bilang ke gue dan temen-temen ternyata mau ke Mangga Besar. Gue pura-pura gak tau, si temen gue itu dengan sok tahunya nyuruh bule itu turun di halte Bank Indonesia.

You get down in here, Sir.” Orang Cina itu kebingungan dan belum turun. Padahal pintu sudah kebuka. Temen gue pun kesal akhirnya nyuruh Orang Cina itu turun.

You get down! You get down!” Ketika pintu mau ketutup dia turun. Ya, dia hampir aja kejepit pintu.

Ketika Orang Cina itu udah turun, gue tanya ke temen gue yang ditanya sama Orang Cina itu tadi apa. Gue mencoba nanya apakah bener mau ke Mangga Besar atau Mangga Dua. Dia bilang mau ke Mangga Besar. Gue pun menjawab, “Ngapain lu suruh turun, bego? Bener naik TJ yang ini. Parah lu, bego, bikin bingung orang.”

Satu TJ pun tertawa. Sekian dan Salam ACENGERSSS!!!

4 comments:

  1. Eng... aku baru sadar kalau itu judulnya 'Silit' setelah kamu ingetin di paragraf pembuka wkwkwk kampreeet -_-

    ReplyDelete