Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Rapot Sedang Diambil

Kemarin adalah hari dimana rapot bayangan gue diambil. Di rapot bayangan itu, isinya adalah nilai murni yang gue dapatkan. Gak ada nilai remedial atau nilai yang sudah ditambah dengan tugas. Semuanya murni. Seperti biasa, Nyokap gue yang mengambil rapot gue. Sebagai anak yang baik, ketika dia mau duduk untuk menunggu, di kursi itu gue tuliskan, "Harap jangan marahi anakmu ini, bu."

Ketika nama gue dipanggil oleh wali kelas, gue agak panik. Nyokap pun langsung maju ke depan. Gue panik karena baru beberapa hari yang lalu, gue baru aja kena masalah bukan karena nilainya. Masalah yang baru menimpa gue adalah karena acara MAKRAB. Jadi, acara yang gue sama temen-temen gue bikin, tidak didukung sama sekali oleh sekolah.

"Bu, abaikan nilai UTS-nya. Liat aja nilai ulangan hariannya," ucap wali kelas gue ke Nyokap yang sedang melihat nilai gue.

Sebelum wali kelas gue ngomong itu, Nyokap udah kayak melototin gue gitu. Untungnya, Nyokap orangnya agak susah kalo ngomelin gue, tinggal diledekin sedikit juga gagal niat omelannya ke gue. :D

"Kenapa begitu, bu?" tanya Nyokap ke wali kelas gue.

"Nilai UTS itu gak terlalu pengaruh, bu, yang penting ulangan harian karena banyak tugas dari sana," jawab wali kelas gue dan gue langsung menghela napas lega.

"Tapi, bu, Ilham baru aja kena masalah nih." Ya, wali kelas gue mulai ngomongin masalah gue.

Setelah wali kelas ngasih tau apa aja yang terjadi, Nyokap pun langsung bilang, "Udahlah, gak usah ikut-ikutan yang gak baik, Ham." Gue pun hanya mengiyakan saja. :D

Nah, buat lo semua yang lagi baca ini, gue ada tips nih, apa aja yang harus dilakukan ketika rapot lo lagi mau diambil sama orang tua lo biar lo gak kena omelan.


1. Jangan Ikutan Ambil

Jangan ikutan ambil adalah cara supaya lo gak kena dua omelan dari guru dan orang tua. Misalkan nih, (amit-amit) nilai lo dapet jelek, biasanya nanti orang tua lo bilang ke guru lo kalo di rumah tuh lo sukanya main doang atau ngapain. Nah, bisa-bisa guru lo ikutan ngomelin lo karena lo selalu main-main. Jadi, alangkah baiknya lo gak usah ikut ambil rapot.

2. Rajin Membantu Orang Tua

Sebelum hari pengambilan rapot, alangkah baiknya lo itu jadi rajin bantuin orang tua. Entah itu bersihin rumah atau ketika disuruh sama orang tua, langsung jalan. Pokoknya jadi beda deh sama diri lo yang kemarin. Nanti, ketika sehabis pengambilan rapot, supaya lo gak dimarahin, lo tetep rajin membantunya. Gue yakin, tingkat diomelin sama orang tua lo itu sedikit. Diusahain juga rajin lo ini terus rajin. Biar orang tua bisa bangga punya anak kayak lo.

3. Jangan Kasih Tau Kalo Ada Pengambilan Rapot

Ini adalah cara aman supaya lo gak kena omelan ketika rapot lagi diambil. Boro-boro dimarahin, diambil aja enggak. Kan lo gak kasih tau. :D

Oke, itu tadi adalah tips dari gue. Mungkin, buat lo yang punya tips, hal yang harus dilakukan ketika rapot sedang diambil, bisa langsung komentar aja di kotak komentar di bawah postingan ini.

Sebelum mengakhiri postingan ini, gue mau kasih tau sama lo, ketika (amit-amit) lo dapet nilai jelek, gak usah takut dimarahin sama orang tua. Dengerin aja apa omelan mereka dan iyain aja. Kalo lo udah selesai diomelin, bilang ke mereka, "Nilai di kertas belum menentukan masa depan."

Tapi, mentang-mentang nilai di kertas belum menentukan masa depan jadinya lo males sekolah. Jangan begitu! Kesuksesan seseorang itu dilihat dari apa yang ia usahakan. Bukan dilihat dari nilai di kertas. Gitu. :)

Sekian dan SALAM ACENGERS!!!

6 comments:

  1. Kesuksesan seseorang itu dilihat dari apa yang ia usahakan
    .
    Anjay HAHAHAH

    ReplyDelete
  2. Sadees... Wali nya ngomel2 yak.. Kalo gue dulu gak pernah tuh sekalipun diambilin ortu rapotnya. Gue sendiri mulu. Ahaha.

    Satu lagi, nilai juga ngaruh buat masa depan, misalnya lo cuma lulus sma, terus nyari kerja, sebagian perusahaan itu butuhin rapot. Itu sih pengalaman gw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, gak pernah diambilin? Keren.

      Kan gue bilang belum menentukan masa depan. Bukannya gak menentukan masa depan. Jadi, bisa menentukan bisa enggak. :)

      Delete
  3. Anjer yang nomor tiga. Butuh keberanian ekstra tuh. ._.

    ReplyDelete